Posted by : Unknown Selasa, 09 September 2014



Bintang. Siapa yang tidak suka melihat bintang? Salah satu benda luar angkasa yang selalu bersinar berkelap-kelip dengan indahnya di kegelapan langit  malam. Nah, salah satu dari milyaran bintang yang akan dibahas kali ini adalah Arcturus.

Arcturus, atau yang dikenaldengan nama‘Bintang Biduk’ ini, merupakan salah satu bintang dari rasi bintang Bootes yang paling terang dan ter-terang ketiga di luar angkasa. Di Jepang Arcturus juga disebut dengan Maiboshi atau bintang gandum.

Acturus memiliki suhu sebesar 4.300 K dengan usia lebih dari 4,6 x 109  tahun. Jaraknya dengan bumi adalah 43,9 tahun cahaya, cukup dekat dalam skala Astronomi. Selain itu, Arcturus juga dapat dilihat oleh semua orang dengan mudah di berbagai belahan bumi, kecuali bagi mereka yang tinggal diatas lintang 70,818o selatan. Saat terbaik untuk mengamati Acturus adalah pada bulan April ( musim semi pada belahan bumi bagian utara, dan musim gugur pada belahan bumi bagian selatan ) saat tengah malam. Pada saat itu Acturus mencapai meridiannya.

Acturus memancarkan energy 180x lebih besar daripada matahari. Namun, apabila dilihat secara visual, Acturus lebih terang 110x dari matahari.Arcturus berwarna merah terang dilangit malam. Dahulu, Acturus digunakan oleh para pelaut sebagai petunjuk arah utara.


Sekian :D

Leave a Reply

Spam dilarang Agama!!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Star Dynasty - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -